Kamis, 17 April 2008

Pasar GameOnline??? Hmm.... Menggiurkan..!!!

Bayangkan, setiap harinya puluhan ribu pemain game dari seluruh penjuru dunia bertemu dan chatting bersama dalam suatu dunia virtual dengan berbagai kegiatan permainan dan hiburan. Aktifitas yang biasa dikenal dengan game online tersebut mulai berkembang pesat sejak pertengahan tahun 90-an dan terus berkembang digemari di berbagai negara, termasuk di Indonesia tercinta.
Pesatnya perkembangan game online ini tentunya didukung oleh semakin akrabnya internet di tengah masyarakat kita, dan kian beragamnya jenis hiburan dan permainan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksi game.Internet yang tadinya dilihat sebagai penyalur informasi penting dan beragam ( baik positif dan negatif ), sekarang telah menjadi komoditas bisnis yang sangat menggiurkan. Dan saat ini, kebutuhan hiburan dan permainan yang telah didukung dengan fasilitas jaringan internet, menjadikan pasar game online menjadi lahan subur bagi pengusaha-pengusaha persewaan game online dan warung-warung internet.
Gimana enggak?, setiap harinya berbagai warnet dan persewaan game online sangat jarang sepi dari yang namanya gamers yang selalu mengpdate level permainan mereka. mulai dari pagi, siang, bahkan malam hari selalu menjadi plihan utama bagi para gamers untuk bertarung dalam dunia maya untu sekedar mendapatkan kepuasan akan hasrat kegilaan mereka akan game.
"Seru".. mungkin itu satu kata yang cukup menggantikan perasaan mereka yang selalu penasaran akan kelanjutan level permainan mereka. Apalagi didukung dengan fasilitas jaringan yang memungkinkan mereka terhubung dengan gamers lain yang berada di tempat lain, atau bahkan dunia lain,,ehmm,,maksudnya negara lain.
Terlepas dari berbagai pro kontra akan dampak positif negatif dari game online itu sendiri, bagi mata pengusaha ang jeli, game online saat ini benar-benar lahan basah yang siap untuk digarap demi hasil yang sangat-sangat mengntungkan. Dengan bermodalkan fasilitas komputer dan jarinan internet, sudah mampu untuk membuka usaha game online dengan keuntungan yang berlipat-lipat dibandingkan usaha warung internet biasa.
Ditambah lagi, untuk menarik lebih banyak lagi pelanggan game online yang datang, sering diadakan semacam kompetisi, yang biasa dikenal dengan game online championship, tentunya dengan berbagai jenis permainan yang beragam.. Dari sini, keuntungan yang didapat lebih berlipat lagi. hmm.. luar biasa.
Menurut prediksi pasar, fenomena game online ini akan terus meningkat seiring terus berkembangnya perusahaan produksi game yang menawarkan jenis-jenis permainan baru yan menantang, dan membuat para gamers menjadi penasaran dan terus ingin mencoba, dan, terus lagi, menghamburkan uangnya untuk mengakses game online..
Sedemikian gila kah?
Jawabannya bisa ya bisa nggak.. Soalnya banyak gamers yang benar benar hanya menikmati game online sebagai sebatas hiburan pengisi masa-masa jenuh d tengah kesibukan.. namun.. banyak juga gamers yang sudah addict dengan game online hingga bisa seharian penuh berada di depan monitor online dan lupa akan segalanya.. luar biasa addict.
Yah, namanya juga sudut pandang bisnis, segala macam bentuk kegilaan di tengah masyarakat justru akan dilihat dengan kacamata bisnis yang melihat segalanya sebagai komoditas bisnis yang sangat menggiurkan..
( posted by: Robby Cahyadi - 20796 )

1 komentar:

Anonim mengatakan...

memang bisnis seperti ini menggiurkan, tapi saya pernah mendengar keluhan dari seorang pengelola persewaan game online karena banyak bon yang numpuk dan kadang2 ga bisa dilunasi...yah, itulah resikonya...

vita(21270)