Selasa, 15 April 2008

dampak negatifnya game online? ini nih....

Belakangan ini kita mengenal adanya game online sebagai wahana permainan yang baru bagi para penikmat game. Seperti yang kita ketahui game online yang berkembang saat ini mampu menyedot perhatian banyak orang khususnya remaja. Namun lebih dari itu, penikmat game online saat ini tidak hanya berasal dari golongan remaja, golongan anak-anak bahkan para orang tuapun juga ikut menggandrungi permainan ini.
Perkembangan game online saat ini tidak hanya mampu menarik perhatian banyak orang dari berbagai kalangan dan berbagai generasi usia. Lebih dari itu game online mampu membuat para penikmatnya kecanduan dengan permainan tersebut. Para gamer ini bisa sampai berjam-jam menghabiskan waktunya di game center hanya untuk memuaskan hasrat mereka untuk bermain. Bahkan mereka bisa melupakan kebutuhan-kebutuhan pokok seperti makan dan minum. Mungkin bagi kita yang buta terhadap game online akan bertanya-tanya apa yang membuat para penikmat game on line tersebut bisa kecanduan. Muncul pula pertanyaan dalam benak kita baik dan buruknya bermaian game on line itu seperti apa ?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, di sini kita akan menguraikan beberapa dampak negative dari game online. Sebenarnya sebuah permainan itu diciptakan sebagai wahana hiburan semata. Namun pada perkembangannya game online malah dikonsumsi secara berlebihan sehingga menyebabakan kecanduan bagi pemainnya. Konsumsi game online yang berlebihan inilah yang bisa membawa dampak-dampak negative bagi pemainnya. Seseorang yang bermain game online secara berlebihan pertama-tama akan merasa ketagihan. Permainan yang dikemas secara menarik dan mengasyikkan akan membuat para pemainnya merasa ketagihan karena semakin penasaran. Setelah merasakan asyiknya bermain maka seseorang akan mulai kecanduan dengan permainan ini. Ketagihan pada permainan ini akan mendorong mereka untuk terus menerus bermain sampai pada tingkat ketergantungan. Ketergantungan seseorang pada permainan ini tentunya akan beresiko tidak baik bagi pemainnya sendiri.
Dari beberapa data menyebutkan bahwa bermain game secara berlebihan menyebabkan dampak social bagi seseorang yakni terisolir dari lingkungan sekitarnya. Hal ini bisa saja terjadi ketika orang lebih senang menghabiskan waktunya di game center selama berjam-jam, maka yang terjadi adalah intensitasnya untuk berinteraksi dengan orang lain akan semakin berkurang. Ia lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain daripada berinteraksi dengan lingkungannya. Akibatnya adalah hubungan yang tidak baik dengan lingkungan sekitarnya sehingga menyebabkan dirinya semakin terisolir dari lingkungannya.
Bermain game online secara berlebihan juga berdampak buruk bagi kesehatan kita. Bayangkan saja jika selama berjam-jam kita berada di depan layar computer. Maka yang terjadi adalah bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan mata kita. Tidak hanya itu, duduk secara berjam-jam juga tidak baik bagi kesehatan. Belum lagi jika sampai lupa makan dan minum, maka akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini menunjukkkan bahwa bermain game online secara berlebihan bisa menimbulkan beberapa penyakit.
Sebuah penelitian di Jepang juga menyebutkan bahwa konsumsi berlebihan terhadap game online juga bisa merusak sel saraf kita. Sebenarnya jika game online itu dikonsumsi sewajarnya akan melatih ketangkasan sel otak kita. Namun lain halnya jika konsumsi tersebut sudah melebihi batas. Yang terjadi justru tidak baik bagi kinerja otak kita. Jika setiap harinya otak kita harus dipacu keras untuk bermain game online berjam-jam maka sel-sel saraf kita menjadi tegang. Kinerja otak kita juga seperti manusia itu sendiri, ia membutuhkan istirahat untuk mengembalikan kekuatan yang telah dipakai sebelumnya. Jika otak kita tidak diberi waktu untuk beristirahat maka akan berdampak kurang baik bagi kita sendiri.
Meskipun dampak-dampak negative dari konsumsi game online yang berlebihan sangat banyak, namun tetap saja bagi para gamer yang sudah sangat kecanduan akan sulit untuk mengurangi kebiasaannya bermain game. Bagi mereka yang sudah kecanduan dengan game online ini adanya dampak-dampak negative dari game online tersebut sudah tidak lagi dihiraukan. Bagi mereka keasyikan dan kepuasan dari bermain game online itu sendiri lebih penting dibandingkan dengan yang lain.
Seperti apa yang dikemukakan oleh Ritzer mengenai alat-alat konsumsi baru, game online ini juga termasuk salah satu alat konsumsi baru yang saat ini berkembang di masyarakat dunia. Game online sengaja diciptakan oleh para pemilik modal besar sabagai bentuk konsumsi baru bagi masyarakat. Lihat saja para gamer yang justru memilih menghabiskan waktunya selama berjam-jam di game center sampai melupakan kebutuhannya akan makan, minum, tidur, dan kebutuhan penting lainnya.
Kegemaran bermain game online sendiri sebenarnya terkait juga dengan apa yang disebut dengan life style. Termasuk dalam life style di sini adalah selera serta rasa gaya dari seseorang yang dicerminkan dari tubuh, busana, hiburan, makanan-minuman, dan sebagainya. Gaya hidup seseorang dalam hal hiburan yang tercermin dalam konsumsi game online merupakan sebuah pilihan hidup. Dan sebagai individu manusia berhak menentukan pilihan-pilihannya sendiri. So, kita harus lebih selektif dan arif dalam menentukan pilihan-pilihan yang ada agar kita tidak terjebak dalam suatu kesalahan.

nunung(20932)

Tidak ada komentar: